Have To And Must, Have And Let

A. Have to and Must

Have to menyatakan keharusan yang terjadi karena keadaan, peraturan , dan seseorang mengharuskan Anda (di luar kemauan anda sendiri).

I have to take my daughter to the doctor because she is ill. Saya harus membawa anak saya ke dokter karena ia sakit.

Kalimat diatas menyatakan bahwa saya harus membawa anak saya ke dokter karena keadaannya sedang sakit.

Must menyatakan keharusan yang ditentukan oleh diri anda sendiri/kemauan sendiri.

I must go to Jakarta. Saya harus pergi ke Jakarta (Perginya saya ke Jakarta atas kemauan sendiri).

B. Have and Let

Kedua kata tersebut berfungsi untuk membentuk kalimat perintah/menyuruh. Tetapi penggunaan kata kerjanya berbeda, have diikuti oleh kata kerja ketiga (past participle), sedangkan let diikuti oleh kata kerja pertama tanpa to (infinitive without to).

bentuk :

Subject + has/have + object + past participle

Subject + let + infinitive without to + object

Contoh:

He has his car cleaned. Ia menyuruh mobilnya dibersihkan.

I have had my house painted. Saya telah menyuruh rumah saya dicat.

I have my car repaired in workshop. Saya menyuruh mobil saya diperbaiki di bengkel.

I let Amir repair his bycycle. Saya menyuruh Amir memperbaiki sepedanya.

We let Ali paint the house. Kita menyuruh memgecat rumah itu.

Selain have dan let, kata ask to juga membentuk kalimat menyuruh :

Please ask John to help me. Suruhlah John membantu saya.

I’ve already asked John to help you. Saya sudah menyuruh John membantu Anda.

1 comment: