Bisa Bahasa Inggris Karena Terpaksa

Wah, kalau Anda merasa terpaksa harus bisa bahasa inggris (seperti saya, ceile sombong ni ye), maka Anda pasti bisa. Tunggu dulu, saya belum bisa atau tepatnya belumlah jago bahasa inggris, tetapi sudah terpaksa bisa sekarang ini, hehe…

Dulu saya pernah melompat untuk nyebrang kali besar dan lebar karena dikejar anjing gila, terpaksa deh lari sekencang-kencangnya, dan karena di depan ada kali sedangkan kiri kanan ada tembok tinggi yang keras terjal dan licin maka saya buat pilihan instan dengan lompat sekuat-kuatnya… Tuiiiinnggg!! gedbukk! sampai deh di seberang kali yang lebarnya sekitar 5 meter. Sakit buangett karena jatuh tidak sempurna. Tapi karena saya sakti maka ketika terbangun langsung sembuh segar dan sehat walafiat tanpa gempor. Mimpi woii… haha…

Dalam dunia nyata sekalipun sudah merupakan sesuatu yang alami, ketika kita benar-benar terpaksa maka kita akan bisa melakukan hal-hal yang diluar dugaan kita, misalnya dengan peralatan sederhana seperti semprotan minyak wangi ke mata yang dilakukan wanita cantik lembut dan seksi bisa menggagalkan percobaan perkosaan. Tapi kalau dia merasa tidak terpaksa untuk melindungi diri, malah mengharapkan agar diperkosa, ya embuhh la ya. Atau karena tidak ada bis kita bisa jalan kaki berkilo-kilo meter jauhnya. Nah, kalau Anda ikut teman lalu nyasar di Amerika (walapun tadinya Anda sama sekali tak bisa bahasa inggris) maka setelah kesasar 3 bulan Anda pasti sudah lancar bahasa inggris. Kalau nyasar di Bengkulu, belum tentu loh pada akhirnya bisa bahasa inggris. Tul ya?

Kata teman saya, sesungguhnya terpkasa itu ada 2. Yang pertama terpaksa betulan, yang kedua “merasa terpaksa”. Keduanya mempunyai kekuatan, asalkan Anda pandai bermain rasa. Kan “rasa adalah segalanya”. Dan untuk merasa terpaksa atau atau tidak terpaksa itu benar-benar sebuah pilihan yang gratis, pilihan yang keduanya memerlukan energi dan waktu yang juga persis sama. Namun jika kita terapkan dengan tujuan agar BISA bahasa inggris maka efeknya akan sangat berbeda.

Yang satunya, merasa tidak terpaksa bisa bahasa inggris, akan membuat proses belajar bahasa inggris Anda lambat bahkan bertahun-tahun seperti yang telah kita lakukan sejak SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dan mungkin kuliah 4 tahun, totalnya 10 tahun, dan sampai hari ini belum bisa!. Wah maaf ya bagi yang kena, hehe..

Yang satunya bagaimana?

Yang satunya, merasa terpaksa, akan membuat Anda bisa bahasa inggris 6 bulan kedepan. Asalkan anda benar-benar merasa terpaksa, rasakan seperti benar-benar terpaksa, tidak ada pilihan lain, kalau tidak bisa maka nanti akan dijemur ditengah terik mata hari, disilet setiap jam, disiram air garam plus cairan cabe rawit, dilempari kerikil panas, kemudian diberi makan dan obat agar tidak langsung mati, besoknya dijemur lagi, dan seterusnya. Tapi kalau Anda bisa Anda akan diberi hadiah apapun yang Anda mau pasti terkabulkan. Nah, sekarang Anda pilih yang mana?

Sekarang bagaimana kalau Anda saya ajak untuk bermain rasa, katakanlah setiap 1 jam “aku harus bisa bahasa inggris” sebanyak 10 kali. Tujuannya untuk menginstall semangat ini ke dalam diri Anda. Setuplah reminder di HP Anda agar bunyi dan mengingatkan Anda untuk 100% bisa bahasa inggris ini.

Saya sendiri sudah melakukannya tetapi dengan cara berbeda, yaitu dengan membuat website belajar bahasa inggris ini. Sehingga nampaknya saya seperti sudah bisa bahasa inggris, tampil pandai, padahal belum, baru merasa terpaksa saja. hehe..

Dulu, waktu SMP malah saya terpkasa betulan karena takut diomelin bokap, waktu itu nilai saya 5, dan setelah maksa-maksa maka nilai saya berikutnya selalu 9 ke atas. Artikel tentang hal ini sudah pernah saya tuliskan pada judul Cara Cepat Dapat Nilai 9 Dalam Bahasa Inggris

Kalau ingin belajar speaking dan menulis bahasa inggris, baca aja disini : English Communication for Indonesians Society.

19 comments:

  1. kalau terpaksa bahasa inggris jadi bisa ya? bagiku ndak mau terpaksa belajar bahasa inggris krn hasilnya kurang baik, gimana menurut anda ?

    ReplyDelete
  2. ane demen kok terpaksa soale perkare yg baik...

    ReplyDelete
  3. bahasa inggris sngat penting bagiku saat ini.

    ReplyDelete
  4. gua dah lama ingin bisa berbicara tapi susah skali lidah ini, apa ada caranya agar cepat bisa berbicara ?

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal,
    Isi dari blog anda sangat bagus. Sangat membantu sekali terutama bagi orang2 yang sedang belajar bahasa Inggris, termasuk saya. Kalo bisa, mohon disediakan atau dikirimkan file materi Level Dasar, Menengah, Mahir, dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  6. dimana ingin belajar grammar yang engkap ya ?

    ReplyDelete
  7. coba baca di www.grammaringgris.net kayaknya sarat akan tata bahasa inggris.

    ReplyDelete
  8. iya ya... belajar conversation atau grammar perlu tips yang bagus nih...

    ReplyDelete
  9. kalau banyak latihan maka akan cepat bisa itu menurut gua ya...

    ReplyDelete
  10. M Randi Setyawan2 July 2013 at 15:07

    Dengan kursus conversation di cambridge, aku sadar banyak kesalahanku belajar bahasa inggris selama ini. Aku berhutang budi dengan cambridge indonesia.

    ReplyDelete
  11. MENURUTKU BELAJAR SEDIKIT DEMI SEDIKIT DULU DAN PELAJARI TATA BAHASA INGGRIS DENGAN SERIUS TAPI SANTAI NANTI AKAN MUDAH MEMPRAKTEKKAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS ITU.

    ReplyDelete
  12. benar mbak santi, jangan banyak2 bisa gak kuat tuh otak belajarnya.

    ReplyDelete
  13. sejak belajar dengan modul cambridge, aq gak pernah takut salah berbicara bahasa inggris, akhirnya speakingku lancar banget.

    ReplyDelete
  14. cambridge memang diakui dunia dalam belajar bahasa inggris di indonesia, sudah banyak di tempat saya yg pandai berbicara bahasa inggris dengan lancar dengan belajar modul cambridge.

    ReplyDelete
  15. mau ngomong inggris dulu susahnya minta ampun sekarang udah bisa belajar dengan modul cambridge dan senangnya lagi bisa menulis berbahasa inggris.

    ReplyDelete
  16. kami disekolah sudah mulai lancar berbahasa inggris.

    ReplyDelete
  17. bahasa inggris itu penting karena kita bisa kemana saja di dunia ini dengan hanya satu bahasa inggris.

    ReplyDelete
  18. Saya mengajar bahasa inggris smu kurikulum 2013

    ReplyDelete
  19. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang diakui dunia baik dalam bisnis maupun kehidupan lainnya

    ReplyDelete